FAKTOR FAKTOR PENYEBAB PERPUTARAN TENAGA KERJA (LABOUR TURN OVER) PADA PT. AKSES KOMUNIKASI INDONESIA DI PONTIANAK

  • Zulfahmi Zulfahmi Panca Bhakti University
  • Hesty Wahyuni Panca Bhakti University

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pembahasan mengenai faktor faktor penyebab perputaran tenaga kerja pada PT. Akses Komunikasi Indonesia Di Pontianak.

Penelitian ini menggunakan metode survey kepada responden, dengan populasi adalah karyawan dan karyawati pada perusahaan PT. Akses Komunikasi Indonesia di Pontianak yang berjumlah sebanyak 38 orang karyawan dan sampel sebanyak 38 orang karyawan yang masih bekerja dan 10 karyawan yang sudah tidak bekerja. Pengumpulan data dengan metode Observasi langsung, Interview, Dokumentasi, Questionare. Alat Uji menggunakan Uji validitas dan reliabilitas. Teknik Analysis yang digunakan adalah Analisis Persentase Skor Capaian Responden.

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bisa disimpulkan bahwa 5 faktor yang memiliki nilai rata-rata tinggi, yaitu Suasana pekerjaan yang tidak menyenangkan, Kompensasi yang diterima masih di bawah standar yang ditentukan pemerintah, Pekerjaan bersifat rutin dan tidak menantang, Kurang ada jaminan pengembangan karier di masa mendatang, Keamanan kerja yang tidak terjamin, karena setiap waktu bisa dikeluarkan dari perusahaan, Pekerjaan bersifat rutin dan tidak menantang merupakan faktor-faktor penyebab masih tingginya tingkat perputaran tenaga kerja di PT. Akses Komunikasi Indonesia di Pontianak ini.

Published
2018-08-01