ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN REMUNERASI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA PENGADILAN TINGGI KALIMANTAN BARAT

  • Aisyah Aisyah Panca Bhakti University
  • Andri Mahbub Panca Bhakti University

Abstract

Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui remunerasi terhadap kinerja aparatur sipil negara pada pengadilan tinggi kalimantan barat. dalam penelitian ini kinerja aparatur sipil negara diukur mengunakan factor-faktor Remunerasi yang terdiri dari Sistem Merit, Adil, Layak, Kompetitif, dan Transaparan.

Penelitian iniĀ  dilakukan di kota Pontianak dengan menggunakan kuesioner. ukuran sampel yang diambil sebanyak 38 orang responden dengan menggunakan metode Nonprobability Sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, teknik analisis yang digunakn adalah analisis deskriptif,

Sebelum penelitian ini dilakukan, peneliti telah melakukan Uji Validitas danĀ  Uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel remunerasi pada Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Pengadilan Tinggi Kalimantan Barat yang menduduki tingkat tertingi ialah Transparan dengan nilai rata-rata 4,53 yang berada pada kriteria Sangat Tinggi, sedangkan yang menduduki tingkat terendah adalah Adil dengan nilai rata-rata 4,27 yang berada pada kriteria Sangat Tinggi. Secara Keseluruhan Bahwa tingkat Remunerasi yang terdiri dari Sistem Merit, Adil, Layak, Kompetitif, dan Transaparan pada kinerja adalah tinggi.

Published
2019-01-29