ANALISIS KUALITAS JASA PELAYANAN PADA BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I PONTIANAK

  • Naiyun Untung Utama Panca Bhakti University
  • Wisma Pabiani Panca Bhakti University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kualitas jasa pelayanan pada Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi adalah semua pemohon jasa yang pernah membuat surat jalan di Balai Karantina Pertanian Kelas I Pontianak sebanyak 46.355 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang yang pernah memohon pembuatan surat jalan pada BKP Kelas I Pontianak. Pengumpulan data dengan metode Observasi langsung, Wawancara dan Questionare. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisisis kuantitatif. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dimana dilakukan dengan Importance Performance Analysis menggunakan Diagram Kartesius.

Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari Diagram Kartesius bisa disimpulkan bahwa dari unsur kuadran B menunjukkan Balai karantina Pertanian Kelas I Pontianak telah berhasil memenuhi keinginan dari pengguna jasa sehingga mereka sangat puas atas kinerja Instansi selama ini. Jadi Instansi harus dapat mempertahankan kinerja tersebut karena unsur jasa menunjukkan suatu keberhasilan dan sangat penting dilaksanakan.

Published
2018-08-01