ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN TRIGGER PADA MGMP IPA KABUPATEN BENGKAYANG (Studi kasus pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA SMP di Kabupaten Bengkayang)

  • Dini Oktarika Program Studi Pendidikan TIK, IKIP PGRI Pontianak
  • Winna Dharmayanti Program Studi Pendidikan TIK, IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komputer dengan TRIGGER untuk membantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang tergabung dalam MGMP IPA SMP di Kabupaten Bengkayang pada tahun 2017 sebanyak 30 orang guru. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat yang digunakan adalah dengan angket, observasi langsung dengan alat yang digunakan adalah panduan observasi serta komunikasi langsung dengan cara wawancara dan alat yang digunakan adalah panduan wawancara. Teknik dan alat tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan guru – guru dalam pembuatan media pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan persentase dari tingkat pemahaman guru terhadap penggunaan komputer yaitu jumlah yang menjawab SS (Sangat Setuju) sejumlah 15 % dari 10 pernyataan, jumlah yang menjawab S (Setuju) sejumlah 6,67% dari 10 pernyataan, jumlah yang menjawab TS (Tidak Setuju) sejumlah 30 % dari 10 pernyataan, serta jumlah yang menjawab STS (Sangat Tidak Setuju) sejumlah 48,33% dari 10 pertanyaan. Dari hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase tertinggi dapat dilihat pada jawaban angket Sangat Tidak Setuju dengan 48,33%, hal tersebut dikategorikan tingkat pemahaman guru terhadap penggunaan komputer di SMP Negeri Kabupaten Bengkayang masih kurang. Dengan demikian, maka kesiapan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis komputer masih terbilang kurang siap. 

Published
2018-08-01