ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENUKARAN UANG RUPIAH DI UNIT PELAYANAN KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

  • Zul fah mi Universitas Panca Bhakti
  • Gu na wan Universitas Panca Bhakti

Abstract

Ketika Permasalahan dalam pelayanan publik menjadi indikator penting dalam menilai kinerja pegawai khususnya Terhadap Pelayanan Penukaran Uang Rupiah Di Unit Pelayanan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi  Kalimantan Barat, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik menjadi lebih kompleks. Jika tidak dibenahi Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik, untuk mencapai tingkat kinerja unit pelayanan tersebut, kepuasaan pasien terhadap pelayanan publik harus di benahi sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan melalui survei kepuasan masyarakat (SKM) berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi  Nomor : 14 Tahun 2017 tentang pedoman umum penyusunan survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Terhadap Pelayanan Penukaran Uang Rupiah Di Unit Pelayanan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan indek kepuasan masyarakat (IKM). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif  dan analisis data di ukur dan di interprestasikan menggunakan analisis indek kepuasan masyarakat (IKM). Populasi penelitian adalah masyarakat yg pernah mendapatkan pelayanan langsung pada unit pelayanan terkait. Variabel yang digunakan terdiri dari Persyaratan, Sistem, Waktu penyelesaian, Biaya, jenis pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku pelaksana, Penanganan pengaduan dan sarana prasarana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, Berdasarkan hasil analisis diketahui. hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Nilai IKM (nilai rata-rata perunsur pelayanan dikalikan dengan 0,11) = 3,14
  2. Nilai IKM setelah dikonversi, Nilai indeks x  Nilai dasar (25) = 3,14 x 25 = 78,59 (Kategori / Mutu Pelayanan  B)
  3. Jadi Kinerja unit pelayanan Penukaran Uang Rupiah Di Unit Pelayanan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dapat dinilai = BAIK (B)

Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan dimensi pelayanan memiliki nilai baik, walaupun ada  berberapa catatan yang harus  menjadi evaluasi dalam memenuhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan selama ini, dan  khusus  pelayanan yang dinilai rendah seperti sarana dan prasarana serta waktu pelayanan yang dirasa lambat bagi masyarakat harus diprioritaskan untuk segera diperbaiki, sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan.

 

Published
2018-02-22