PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS DI KECAMATAN PONTIANAK KOTA

  • Adi mur salin Universitas Panca Bhakti
  • Maulana F Rizal Universitas Panca Bhakti

Abstract

Servant leadership dan Kecerdasan emosional merupakan faktor-faktor yang secara bersama dapat mempengaruhi kinerja pegawai pada suatu organisasi sehingga cita-cita dan tujuan organisasi dapat dicapai. Servant leadership merupakan  bentuk kepemimpinan dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, dan bersedia untuk melayani dan bukan untuk dilayani. Puskesmas sebagai salah satu sarana pelayanan publik di bidang kesehatan sangat menarik untuk dilakukan penelitian sehubungan dengan kinerja petugas dalam memberikan servise kepada pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh  Servant leadership  dan Kecerdasan emosional terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Se kecamatan Pontianak Kota. Analisa yang digunakan adalah dengan Analisis Regresi Linear Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis regresi berganda diperoleh koefisien untuk variabel bebas X1  = 0,331 dan        X2 = -0,075, serta berdasarkan perhitungan uji t, t hitung untuk variabel Servant Leadership adalah 3.059. Dengan derajat kebebasan 93 – 3 = 90dengan P value = 0,003 yang lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini merupakan bukti Ha di terima. Artinya variabel Servant Leadership berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja Pegawai Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota. Sementara itu, hasil hasil uji t pada variabel Kecerdasan Emosional t = - 0.690 dengan derajat kebebasan 93 - 3 = 90 dan P Value = 0,492 yang lebih besar dari dari α = 0,05. Hal ini merupakan bukti bahwa Ha ditolak. Artinya variabel Kecerdasan Emosional secara partial tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota. Namun berdasarkan hasil perhitungan uji F diperoleh hasil servant leadership dan kecerdasan emosional secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.

Petugas Puskesmas di Kecamatan Pontianak Kota dalam melaksanakan pekerjaan dalam rangka memenuhi target capaian kinerja tidak terpengaruh dengan kondisi kecerdasan emosional tapi lebih dipengaruhi oleh servant leadership di organisasi. Hal lain yang mungkin mempengaruhi kinerja petugas adalah lingkungan kerja dan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan  ke pasien.

 

 

 

Published
2018-02-22