STRATEGI MENCIPTAKAN LEADER MARKET MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR

  • Zul fahmi Universitas Panca Bhakti
  • Dina Octaviani Universitas Panca Bhakti

Abstract

Untuk tetap bertahan sebagai yang nomor satu atau sebagai pemimpin pasar, perusahaan dituntut untuk melakukan tindakan di tiga bidang. (Kotler,  2000:267 ). Pertama, perusahaan harus menemukan cara untuk memperbesar permintaan pasar keseluruhan. Kedua, perusahaan harus melindungi pangsa pasarnya sekarang melalui tindakan defensif dan ofensif yang tepat. Ketiga, perusahaan harus berusaha meningkatkan pangsa pasarnya lebih jauh, bahkan jika ukuran pasarnya tetap sama.  Oleh karena itu perlulah dalam perkembangan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang ingin dituju adalah pelajar SMK dan  pelaku usaha-usaha kecil menengah, yang dimana saat ini usaha kecil menengah menjadi salah satu tonggak keberhasilan suatu daerah. Kegiatan yang akan dilakukan mempunyai tujuan untuk :1)  Memberikan pemahaman kepada usaha kecil menengah melalui penyuluhan tentang strategi menciptakan leader market untuk menghadapi persaingan pasar diharapkan  memberikan dampak positif bagi ukm-ukm khususnya yang ada didaerah Kabupaten Ketapang.  2) Memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan adanya penyuluhan tersebut usaha-usaha kecil menengah diharapkan dapat membantu dalam meringankan berbagai permasalahan-permasalahan yang muncul salah satu menghadapi persaingan pasar. Kegiatan akan dilaksanakan di Kantor Balai Taman Nasional Gunung Palung Kabupaten Ketapang. pada tanggal 30 April 2018 dengan khalayak sasaran unit-unit usaha kecil dan menengah Kabupaten Ketapang yang berjumlah 40 orang.

Published
2018-05-30